Melatih Berpikir Logis dan Matematis [Tantangan Game Level 6] #1

Aku sudah mendesain sebuah rencana untuk game kali ini, ketika akhirnya kudapati aku tak lagi ada waktu saat dalam perjalanan pulang dari Sibreh- Reuloh. Ditambah lagi Faza ketiduran di jalan.

Jadi aku harus segera melaksanakan misi di hari pertama untuk mengajarkan Faza tentang bentuk dulu di game ini. Awalnya aku ingin memberitahu mengenai warna dengan kegiatan lebih konkrit yang membutuhkan beberapa instrumen.

Sebelum bermain dengan Faza, aku sudah menerapkan pada Biyya sebelumnya. Karena memang sudah lewat milestone-nya, tema tentang bentuk sederhana seperti kotak, segitiga, dan persegi panjang itu sudah bisa dilalui Biyya.

Kebetulan ada buku ini di rumah. Setelah forum keluarga magrib, aku memilih buku ini untuk kami lihat-lihat berdua dengan Faza.

Buku Pertama Mengenal Bentuk

Tadi pagi di kantor sekolah, Faza sudah bermain hitung kura-kura dan kangguru di lukisan dinding Aborigin Arts yang dipajang di dinding. Dia juga memainkan tropi-tropi ini. Sempat kutanyakan mana yang lebih tinggi, mana yang lebih pendek.

Tropi-tropi di kantor jadi mainan. Foto ini diabadikan oleh operator Sekolah, Ustaz Yus. Hehe

 

Malamnya sebelum tidur, ketiga kakak beradik ini masih mau menggambar. Faza dibantu oleh Biyya dan Akib mengenal beberapa warna. Untuk saat ini ia banyak lupa nama warna, tapi Faza tahu mengklasifikasikan benda sesuai warna, penyebutan warna harus diajarkan lebih lanjut. Ia selalu kurang fokus dan menolak berpikir saat kita tanyakan nama warnanya.

Menggambar sebelum kantuk datang.

“Ikannya warna apa, Sayang.” Tanya kami pada Faza sambil menunjuk mainan ikan berwarna biru. Tapi Faza hanya mengambil dua krayon biru dan bilang, “Ini..warna ini sama!”

Biyya tergelak dibuatnya. Biyya yang paling gemas dengan tingkah adiknya, paling sering pula menggoda Faza.

#Tantangan10Hari

#KuliahBundaSayang

#GameLevel#6

#ILoveMath

#MathAroundUs

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *