cerita ceriti,  disleksia,  my little angels,  Parenting,  Self reminder

Neurofeedback Kini Hadir di Banda Aceh

Alhamdulillah. Aku rasa ini yang dimaksud dengan takdir dan jalan dari Allah untuk kita yang selalu berusaha memberikan yang paling baik sesuai kemampuan dan kebutuhan kita. Allah Mahabaik. Waktu tahu ada seminar tenang Neurofeedback, aku penasaran bukan main. Neurofeedback sebenarnya bukan hal baru juga, tapi belum tersosialisasi dengan baik di Banda Aceh khususnya. Center clinic-nya baru ada di Bireun kalau untuk Aceh.

 

Neurofeedback merupakan pelatihan langsung untuk fungsi otak, di mana otak bisa belajar berfungsi untuk lebih efisien. Ia merupakan teknologi yang dapat mengobservasi otak dari waktu ke waktu dan memberikan penguatan ke otak untuk mengubah aktivitasnya ke pola yang lebih tepat.

Banyak manfaat teknologi baru yang satu ini. Kemarin saat launching dan seminar kami mendapat kesempatan untuk asesmen menggunakan piranti ini. Kalau di klinik, tentu saja kami harus merogoh kocek cukup dalam. Selain kami, ada 10 orang tua lainnya yang mendaftar keesokan hari untuk mendapatkan asesmen langsung dari Dr. Kway Eng Hock dan timnya. Kami juga diperkenalkan dengan Agacia Brainscience, spesialis brain training yang berpusat di Kuala Lumpur, Malaysia.

Saat pembacaan hasil asesmen juga langsung oleh Ms. Grace Ang Hui En, salah seorang Researcher of Korea Brain Institute. Sebenarnya ingin juga asesmen untuk Ayah dan Bundanya, tapi tentu saja tidak boleh lagi, kami harus ke klinik pusatnya nanti kalau sudah ready di Banda Aceh, tepatnya di Fakultas Psikologi UNMUHA, Batoh.

Sebelumnya, kita sama-sama belajar tentang kinerja otak yang sebenarnya sering juga kita baca dan dapatkan di bangku-bangku kuliah dulu, lancar kaji karena diulang. Setelah di-refresh, kemudian masuk ke sesi bagaimana cara kerja Neurofeedback ini meningkatkan kinerja otak dan beberapa testimoni. Tentu saja semua tidak simsalabim, harus ada kerja sama yang baik dalam sebuah tim yang disebut keluarga dan juga para ahli. Hasil asesmen Akib tidaklah mengagetkan kami, sebab sejak awal kita sudah tahu kalau lack of attention adalah hal yang menjadi kendala selama ini. Sebenarnya olahraga memanah sangat baik jika dipadukan dengan neurofeedback training, hal itu mampu meningkatkan kinerja otak yang memang luar biasa.

DalamĀ  Neurofeedback ini ada tiga tahapan yang disingkat menjadi ACT; Assessment, Controlling, dan Training. Tahapan inilah yang akan diberikan bagi kita yang ingin melakukan improvisasi akan kinerja otak.

Dari testimoni yang kami dengar dan juga jurnal-jurnal penelitian ilmiah yang sudah sempat dipublikasikan oleh para peneliti, Neurofeedback ini bukan hanya bisa meningkatkan kinerja otak dan baik untuk penyembuhan migrain atau gangguan fokus dan konsentrasi, bahkan banyak anak-anak berkebutuhan khusus yang berhasil diterapi dengan Neurofeedback ini. Jadi, ikhtiar yang satu ini patut dicoba, apalagi durasi waktunya ada yang meningkat signifikan dalam waktu dua atau tiga bulan untuk membentuk pola yang dibutuhkan oleh otak agak kinerjanya bisa diimprovisasi. Oiya, dari seminar tempo hari, kami juga mendapatkan informasi kalau teknologi ini juga bisa menjadi terapi untuk game addict yang sepertinya saat ini mulai menjadi momok para orang tua.

Teknologi memang memudahkan kita zaman sekarang. Kita bersyukur dengan cara memanfaatkannya dengan baik. Bagi teman-teman yang membutuhkan info lengkapnya bisa langsung ke Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Aceh. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi bagi yang membutuhkan, ya.

 

Seorang ibu disleksik yang senang membacakan buku untuk anak-anaknya, Akib, Biyya, dan Faza. Istri Eun Yud yang rutin melembakkan 20.000 kata dan tidak melulu melalui lisan. Nah, salah satunya itu dengan tulisan juga. Menyerap energi dari pribadi-pribadi filantropis di sekelilingnya, tapi belum sepenuhnya bisa seperti mereka, hanya seorang 'wannabe'. Senang berbagi materi seputar parenting, buku, sains, dan dunia rabbitry . Silakan bersilaturahmi via e-mail medicus_84@yahoo.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *