edukasi

Tingkatkan Produktivitas dengan ASUS Vivobook Go 14, Laptop Thin and Light Entry-Level Terbaik

Jika dihitung sejak kelahiran si Sulung, 17 tahun sudah saya menjadi ibu, 10 tahun di antara itu, saya mulai menekuni profesi penyunting naskah. Sebelumnya, aktivitas menulis yang tak pernah sungguh-sungguh saya tinggalkan, akhirnya menuntut saya menjadi profesional. Bisa dikatakan gawai adalah partner kental yang tak pernah bisa lekang dari aktivitas utama saya, terutama laptop.

Semakin tinggi tuntutan kerja, semakin saya membutuhkan gawai dengan kinerja super. Apalagi pekerjaan utama saya sebagai ibu dari 3 putra dan 1 putri juga membutuhkan manajemen waktu yang baik agar semua tenggat di tempat kerja kesampaian tanpa mengabaikan kebutuhan dasar keluarga. Semua ini menuntut saya untuk mau tak mau belajar paham berbagai spesifikasi gawai. Saat ini yang paling memenuhi segala kriteria tuntutan kinerja yang tinggi adalah ASUS Vivobook Go 14, Laptop Thin and Light Entry-Level Terbaik.

ASUS memperkenalkan Vivobook Go 14 (E1404F), laptop thin and light entry-level terbaik. Harga yang dibanderol mulai dari Rp6.299.000, dengan desain bodi yang tidak hanya trendi, ringkas, dan ringan, tetapi juga tangguh dan telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (US Military Grade MIL-STD-810H). Selain untuk profesional, tentunya cocok buat para pelajar generasi Z. 

Selain tangguh, laptop tipis dan ringan ini hadir dengan desain yang modern dan dibekali dengan port yang sangat lengkap untuk mempermudah pengguna. Selain itu, Vivobook Go 14 (E1404F) juga sudah menggunakan layar beresolusi Full HD yang dapat dibuka hingga 180° sehingga laptop ini lebih nyaman saat digunakan untuk sharing tampilan layar dengan teman kerja saya, karena tidak jarang profesi ini menuntut kerja tim yang solid dan cergas. Saya rasa begitu juga dengan pekerjaan Anda.

Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi dengan Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas Anda sepanjang hari.

Dilengkapi Office Pre-Installed 

Jika Anda bukan profesional, tetapi seorang pelajar, pastinya lebih bisa menikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap–PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program, dan data Anda. 

Vivobook Go 14 (E1404F) merupakan laptop untuk pelajar yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan generasi modern yang menginginkan portabilitas tanpa mengorbankan fungsionalitas. Desainnya yang portabel menjadikan laptop ini pilihan yang tepat untuk para profesional, pelajar, atau siapa pun yang memerlukan perangkat berdaya tinggi dalam bentuk yang lebih kompak. 

Ada salah satu aspek yang menonjol dan membuat saya tertarik adalah, dimensinya yang ramping dan ringan. Dengan ketebalan bodi hanya 17,9mm dan bobot sekitar 1,3kg, Vivobook Go 14 (E1404F) bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam tas dan dibawa ke mana-mana, ideal sekali buat orang yang sering bepergian dan mengerjakan pekerjaan di mana saja.

Terkadang pekerjaan mengharuskan saya mengisi pelatihan di luar kota atau daerah. Pernah juga saat dipepet oleh tenggat, saya harus bekerja sambil menemani anak bermain di play ground atau di taman kota, bahkan di sela-sela makan malam yang kami adakan sesekali di luar rumah. Sepertinya anak-anak dan ayahnya sudah memaklumi jika saya minta sedikit waktu untuk merevisi atau mengirim ulang dokumen-dokumen pekerjaan di mana saja.

Selain itu, Vivobook Go 14 (E1404F) juga dilengkapi dengan berbagai port yang akan memudahkan koneksi dengan perangkat lain. Port yang tersedia mencakup USB Type-C yang mendukung transfer data cepat, USB Type-A yang kompatibel dengan berbagai perangkat, HDMI untuk kebutuhan presentasi atau hiburan, dan juga 3.5mm combo audio jack untuk kebutuhan audio. Nah, untuk hiburan ini, tetap saya butuhkan saat menikmati quality time dengan anak-anak.

Tidak hanya itu, laptop ini juga menawarkan kenyamanan ekstra saat digunakan berkat fitur keyboard ASUS ErgoSense. Kibor ini dirancang untuk memaksimalkan pengalaman mengetik, mengurangi kelelahan pada jari–seperti pekerjaan menyunting yang memang banyak berurusan dengan tuts kibor ketimbang tetikus–hingga ini saya yakini bisa meningkatkan produktivitas. Dibanding laptop lain di kelasnya, Vivobook Go 14 (E1404F) ini juga sudah menyediakan backlit keyboard. Menarik sekali menurut saya.

Tangguh dan Aman

Sebagai ibu yang seringkali didapuk menjadi bendahara yang piawai mengelola keuangan, saya tentunya tak mau rugi sebentar-sebentar harus mengganti laptop karena rusak. Vivobook Go 14 (E1404F) hadir sebagai laptop military grade yang paling terjangkau di Indonesia. Kehadiran laptop 6 jutaan ini menegaskan bahwa laptop yang terjangkau pun dapat memiliki kualitas dan ketahanan terbaik, menjadikannya pilihan yang tepat bagi pengguna yang ingin memiliki laptop tangguh.

Multitasking terkadang mengakibatkan kecerobohan, saya terkadang melakukan itu. Makanya saya benar-benar butuh gawai yang jauh lebih bandel. Vivobook Go 14 (E1404F) telah memenuhi standar kualifikasi ketahanan militer AS dan mengantongi sertifikasi MIL-STD-810H. Sertifikasi ini dikenal karena ketatnya kriteria dan prosedur pengujian yang harus dilalui sebuah perangkat. Vivobook Go 14 (E1404F) sendiri telah berhasil melewati 26 prosedur pengujian ketat yang mencakup variabel seperti tekanan, temperatur, kelembapan, dan resistensi terhadap benturan. 

Hasil dari serangkaian pengujian tersebut menunjukkan bahwa Vivobook Go 14 (E1404F) dirancang untuk bertahan dalam berbagai kondisi, menjadikannya solusi yang andal untuk berbagai keperluan, baik di lingkungan profesional maupun sehari-hari.

Dari sisi pengamanan, ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) menyediakan webcam shield fisik agar tidak ada hacker yang mengintip aktivitas pengguna lewat webcam. Kehadiran privacy shield di webcam ini juga memudahkan pengguna saat sedang online meeting, tetapi tidak ingin mengaktifkan kamera. Cukup menggeser switch, maka aktivitas kita tidak akan terlihat siapa pun.

Fitur keamanan lain pada laptop ini adalah adanya fitur fingerprint sensor yang terletak di area touchscreen. Ya, fingerprint sensor umumnya tersedia pada laptop mid-high untuk keamanan data dan juga kemudahan login ke Windows 11.

Layar Full HD

Asus Vivobook Go 14 (E1404F) menawarkan beberapa fitur yang menjadikannya berdiri di atas kompetitor di kelasnya, salah satunya adalah layar Full HD dan tingkat kecerahan 250 nits. Banyak laptop 6 jutaan di segmen yang sama hanya menawarkan layar dengan resolusi HD, yang tentu saja tidak sebanding dalam hal ketajaman dan kejernihan gambar. Ataupun kalau sudah menggunakan layar Full HD, tingkat kecerahannya tidak terlalu tinggi. 

Dengan layar Full HD, pengguna mendapatkan keuntungan dari tampilan visual yang lebih detail dan imersif, sangat membantu baik dalam kegiatan produktivitas maupun hiburan. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa pengguna mendapatkan kualitas visual terbaik dalam segala keadaan.

Selain itu, layar di Vivobook Go 14 (E1404F) juga dilengkapi dengan fitur low-blue light yang telah disertifikasi oleh TÜV Rheinland. Fitur ini bertujuan untuk meminimalisir radiasi sinar biru yang bisa berdampak negatif pada mata. Tidak hanya itu, desain layar laptop ini juga dibuat dengan NanoEdge Bezel, yang memungkinkan bezel layar tampil sangat tipis. 

NanoEdge Bezel tidak hanya meningkatkan rasio layar terhadap bodi, tetapi juga membuat tampilan secara keseluruhan menjadi lebih modern dan elegan. Gabungan fitur-fitur tersebut, Vivobook Go 14 (E1404F) benar-benar menawarkan pengalaman visual yang superior tanpa mengorbankan kesehatan dan kenyamanan pengguna seperti saya yang bekerja seharian atau semalam suntuk di depan layar.

Pada layarnya, ASUS juga menggunakan engsel atau hinge yang bisa dibuka hingga 180o. Selain berguna saat laptop untuk pelajar ini dipakai bekerja kelompok, memudahkan pengguna untuk sharing dan melakukan focus group discussion, hinge yang mampu dibuka hingga 180o juga menandakan bahwa engsel tersebut memiliki kualitas yang lebih baik dibanding engsel biasa.

Ditenagai Hardware Generasi Terbaru

Vivobook Go 14 (E1404F) adalah laptop modern yang dirancang untuk memenuhi tuntutan komputasi sehari-hari yang dinamis. Salah satu keunggulan utamanya adalah pemanfaatan hardware generasi terbaru untuk menjamin kinerja tinggi dan responsivitas cepat. 

Laptop 6 jutaan ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 7000 U-Series terbaru yang menawarkan kecepatan dan efisiensi energi yang sangat baik sehingga hadir sebagai pilihan ideal untuk profesional muda, pelajar, dan content creator yang memerlukan perangkat dengan performa tinggi.

Selain prosesor yang powerful, Vivobook Go 14 (E1404F) juga menawarkan memori LPDDR5 dengan kapasitas hingga 16GB. Memori jenis ini menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya dan lebih hemat energi, yang akan berkontribusi pada durasi baterai yang lebih tahan lama. Kapasitas memori yang besar ini juga memungkinkan multitasking yang efisien, memastikan bahwa Anda dapat menjalankan banyak aplikasi sekaligus tanpa mengalami penurunan kinerja yang signifikan.

Untuk penyimpanan, Vivobook Go 14 (E1404F) dilengkapi dengan NVMe PCIe SSD dengan kapasitas hingga 512GB yang menawarkan kecepatan akses data sangat cepat dibandingkan dengan SSD SATA atau HDD tradisional. Penggunaan NVMe PCIe SSD membuat waktu boot lebih singkat, akses file lebih cepat, dan pengalaman penggunaan yang lebih responsif. 

Kombinasi prosesor generasi terbaru, memori berkapasitas tinggi, dan penyimpanan yang cepat telah membuat Vivobook Go 14 (E1404F) tampil sebagai laptop yang mampu memenuhi kebutuhan komputasi modern, sekaligus menawarkan keandalan dan efisiensi.

Di bawah ini ada tabel spesifikasi yang memudahkan Anda menandai detail yang Anda butuhkan, sebagaimana saya juga ingin meningkatkan produktivitas dan kenyamanan kerja.[]

Main Spec.Vivobook Go 14 (E1404F)
CPUAMD Ryzen™ 5 7520U Mobile Processor (4-core/8-thread, 4MB cache, up to 4.3 GHz max boost)AMD Ryzen™ 3 7320U Mobile Processor (4-core/8-thread, 4MB cache, up to 4.1 GHz max boost)
Operating SystemWindows 11 Home
Memory16GB LPDDR58GB LPDDR5
Storage512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Display14-inch IPS-Level, FHD (1920 x 1080) 16:9, 60Hz, 250nits, Anti-Glare
GraphicsAMD Radeon™ Graphics
Input/Output1x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, backlit keyboard
ConnectivityWi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 1*1 + Bluetooth® 5.3 Wireless Card
Camera720p HD camera 
AudioAI noise-canceling technology, SonicMaster, Built-in speaker, Built-in array microphone
SecurityWebcam privacy shield, Fingerprint sensor with Windows Hello support
Battery42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension 32.45 x 21.39 x 1.79 ~ 1.79 cm
Weight1.38Kg
ColorsGreen Grey, Cool Silver, Mixed Black
PriceRp6.299.000 (Ryzen™ 3 / 8GB RAM / 256GB SSD)Rp6.599.000 (Ryzen™ 3 / 8GB RAM / 512GB SSD)Rp9.599.000 (Ryzen™ 5 / 16GB RAM / 512GB SSD)
Warranty2 Tahun Garansi Global termasuk 1 Tahun ASUS Perfect Warranty

Seorang ibu disleksik yang senang membacakan buku untuk anak-anaknya: Akib, Biyya, Faza, dan Kareem. Pencinta bahasa Indonesia. Bisa dihubungi melalui surel medicus_84@yahoo.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *